Kembali

Call for Research 2021


Tidak harus kuantitatif. Peserta dipersilahkan untuk menggunakan metodologi ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan dan sesuai dengan kaidah-kaidah penelitian.

Panitia tidak meminta proposal, namun dalam bentuk softcopy research paper yang selambatnya dapat disampaikan pada tanggal 5 Agustus 2021. Terkait format penulisan research paper dapat dilihat pada petunjuk penulisan yang ada pada poster di website LPS: https://cfr.lps.go.id/Home/InformasiKetentuan.

Boleh mengirimkan hasil penulisan skripsi karena skripsi (tugas akhir) S1, tesis (tugas akhir) S2 dan disertasi (tugas akhir) S3 dapat diajukan selama sesuai dengan persyaratan kepesertaan masing-masing sub-tema. Mohon pastikan juga peserta memenuhi semua persyaratan di ketentuan penelitian dan petunjuk penulisan di https://cfr.lps.go.id/Home/InformasiKetentuan.

Untuk mendaftar silahkan tekan registrasi di kanan bawah website https://cfr.lps.go.id/Home/SignIn.

Untuk sign up hanya mencantumkan 1 nama saja yang mewakili akun, setelah itu aktifkan akun melalui link yang dikirimkan ke e-mail yang telah didaftarkan saat registrasi, lalu sign in. Untuk menambahkan anggota tim, klik menu “member” di halaman akun Anda dan tekan tombol “tambah anggota”.

Untuk D3 dapat memilih pilihan "Diploma" saat mendaftar.

Masyarakat umum yang tidak terafiliasi dengan institusi manapun boleh mengikuti lomba ini. Namun, mohon juga untuk dapat diperhatikan syarat minimum jenjang pendidikan yang tercantum dalam ketentuan.

Sesuai dengan ketentuan dan syarat kepesertaan, jika terdapat anggota yang lulusan S3, maka paper yang disampaikan hanya boleh untuk sub tema spesifik.

Latar belakang pendidikan bisa beragam, serta antara dosen dan mahasiswa berbagai jenjang pendidikan boleh berkolaborasi untuk berpartisipasi dalam satu tim. Namun jika terdapat anggota yang sudah lulusan S3, LPS Call for Research hanya terbuka untuk penelitian sub tema spesifik.

Boleh, sub tema tersebut memang terbuka untuk masyarakat umum.

Pegawai Pemerintah Daerah dipersilahkan untuk berpartisipasi.

Benar kegiatan CFR tertutup untuk pegawai K/L, termasuk untuk pegawai K/L yang sedang belajar/melanjutkan pendidikan.

Kami tidak membatasi bahwa tim harus berasal dari satu instansi yang sama.

Tidak boleh. Salah satu kriteria keikutsertaan untuk LPS Call for Research adalah paper yang disusun atau dikirimkan ke LPS belum pernah diajukan untuk mendapatkan pendanaan dari lembaga lain dan belum pernah dipublikasikan baik secara keseluruhan maupun sebagian, dalam bentuk jurnal, working paper, atau bentuk lain yang dipublikasikan secara umum.

Tim reviewer terdiri dari para peneliti dan/atau akademisi yang telah berpengalaman di bidangnya dan memiliki publikasi-publikasi ilmiah berkualitas.

Proses klarifikasi akan dilakukan secara virtual mempertimbangkan kondisi yang masih belum memungkinkan untuk bertemu secara langsung.

Untuk jenjang Pendidikan Mahasiswa/mahasiswi Diploma sampai dengan lulusan S2 dipersilahkan menyampaikan penelitian untuk kategori Topik Spesifik maupun Topik Umum.

Nomor klasifikasi JEL hanya untuk mengklasifikasikan stream penelitian, bukan dimaksud terdaftar dalam JEL. Umumnya kode ini dituliskan di bawah abstrak, beserta dengan keywords atau kata kunci. Nomor klasifikasi JEL dapat dituliskan di paper dengan merujuk kepada https://www.aeaweb.org/jel/guide/jel.php.

Benar, pendaftaran terakhir sama dengan pengumpulan paper. Namun kami sarankan agar pelaksanaan registrasi dan pemenuhan dokumen administrasi melalui website sudah mulai dilakukan, untuk menghindari risiko apabila terlalu dekat dengan deadline.